Minggu, 07 November 2010

KKM


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
MATEMATIKA
KELAS VII ( 1 )  SEMESTER I


















KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: MATEMATIKA


Sekolah      : SMP/MTs ..........
Kelas          : VII
Semester     : I (SATU)
KKM                   :

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
%
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
BILANGAN
1.               Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
1.1.         Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
à Memberikan contoh bilangan bulat
à Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
à Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
à Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.
à Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen dan permil.
à Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
à Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.
1.2.         Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah
à Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.
à Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat (pengulangan)
à Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.
ALJABAR
2.               Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
2.1.         Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya
à Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
2.2.         Melakukan operasi pada bentuk aljabar
à Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.
à Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal
2.3.         Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel.
à Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
à Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
à Menentukan penyelesaian PLSV
2.4.         Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel
à Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
à Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
à Menentukan penyelesaian PtLSV
ALJABAR
3.               Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
1.1.         Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
à Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
à Mengubah masalah kedalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
1.2.         Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
à Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
à Menyelesaikan  model matematika suatu masalah  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel
1.3.         Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
à Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.
à Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
1.4.         Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah
à Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
à Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala
à Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
à Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar