RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH : SMPN 1 Jampangtengah
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : VIII/1
Standar Kompetensi :
- Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar :
Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius.
Indikator :
1. Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi;
2. Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius;
Alokasi waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi;
b. Siswa dapat menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius;
B. Materi Ajar
Fungsi: Tabel Nilai Fungsi dan Grafik Fungsi
C. Metode, Pendekatan dan Model Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan dengan pendekatan induktif dan model pembelajaran langsung.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
Pendahuluan:
Apersepsi : Membahas PR;
Menanyakan materi yang telah dipelajari tetapi belum dipahami;
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan membantu siswa pada materi berikutnya;
Kegiatan Inti :
a. Siswa dan guru berdialog tentang beberapa rumus fungsi, kemudian siswa dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang;
b. Tiap kelompok mendiskusikan cara menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi melalui LKS yang disediakan;
c. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya sedangkan kelompok yang lain menanggapi;
d. Siswa menyelesaikan soal-soal yang bekaitan dengan cara menyusun tabel pasangan peubah dengan nilai fungsi, kemudian membahasnya secara umum/klasikal;
Penutup:
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman;
b. Siswa dan guru melakukan refleksi;
c. Guru memberikan tugas (PR);
Pertemuan kedua:
Pendahuluan:
Apersepsi:
a. Membahas PR;
b. Mengingat kembali tentang sistem koordinatr Cartesius;
Motivasi :
· Apabila materi ini dikuasai dengna baik, maka akan membantu siswa pada materi berikutnya.
Kegiatan Inti:
a. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4 – 5 orang, kemudian tiap kelompok mendiskusikan LKS yang berisi tentang cara menggambar grafik fungsi pada sistem koordinat Car-tesius;
b. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi kemudian guru mengklarifikasinya;
c. Siswa`menyelesaikan soal yang berkaitan dengan cara menggambar grafik fungsi pada sistem koordinat Cartesius, kemudian membahasnya secara bersama-sama;
Penutup:
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman;
b. Siswa dan guru melakukan refleksi;
c. Guru memberikan tugas (PR);
E. Alat dan Sumber Belajar
· Buku teks, papan tulis dan buku berpetak, penggaris.
F. Penilaian
Teknik : Tes Tertulis
Bentuk instrumen : Uraian
Instrumen :
1. Diketahui f(x) = 5x – 3
Lengkapilah tabel berikut:
x | 0 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
f(x) | … | … | … | … | … | …. |
2. Dengan menggunakan tabel, gambarlah grafik fungsi yang duinyatakan f(x) = 3x + 7
Mengetahui Sukabumi, 15 Juli 2008
Kepala Sekolah Guru Mata pelajaran
Drs. Beben Suryana Drs. Soib, M.M.Pd.
NIP 131794702 NIP 132210523
LEMBAR KERJA SISWA
Materi Ajar : Nilai fungsi
Tujuan : Siswa dapat menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi;
Waktu : 30 menit
Petunjuk :
- Selesaikan soal berikut ini dengan cara diskusi pada kelompok masing-masing;
- Setelah selesai, salah seorang wakil kelompok dipersilakan untuk mempresentasikannya;
Bahan Diskusi:
1. Lengkapilah tabel berikut ini:
x | -2 | -1 | 0 | 1 | 2 | 3 |
f(x) = 2x | . . . | . . . | . . . | . . . | . . . | . . . |
2. Buatlah tabel nilai fungsi yang dirumuskan dengan g(x) = 4 – 2x dengan x variabel pada himpunan A = {x/ -3 < x < 8, x bilangan bulat}.
Jawaban:
LEMBAR KERJA SISWA
Materi Ajar : Grafik Fungsi
Tujuan : Siswa dapat menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius;
Waktu : 30 menit
Petunjuk :
- Selesaikan soal berikut ini dengan cara diskusi pada kelompok masing-masing;
- Setelah selesai, salah seorang wakil kelompok dipersilakan untuk mempresentasikannya;
Bahan Diskusi:
1. Gambarlah grafik fungsi f yang dirumuskan f(x) = 4x + 3 dengan x Î {-3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, } dengan cara melengkapi tabel berikut ini:
x | | | | | | | | |
f(x) | | | | | | | | |
2. Buatlah tabel nilai fungsi yang dirumuskan dengan g(x) = 4 – x dengan x variabel pada himpunan A = {x/ -3 < x < 8, x bilangan bulat, kemudian gambar grafiknya pada kertas berpetak !
Jawaban:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar