Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 1 JAMPANGTENGAH
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : I(satu)
Standar Kompetensi : BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan | Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah · Bilangan bulat | Melakukan diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengulangan) Menyebutkan bilangan bulat Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat | · Memberikan contoh bilangan bulat | Tes tulis | Uraian | Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 5. | 1x40 menit | Buku teks Garis bilang-an Termometer Tangga rumah Kue yang bulat, Lingkungan Buah-buahan |
| | Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan | · Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan | Tes tulis | Uraian | ![]() Letakkanlah bilangan -2, 0, dan 2 pada garis bilangan tersebut | 1x40 menit | |
| | Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif | · Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran. | Tes tulis | Uraian | Hitunglah: a. -2 + 3 – 4 + 5 – 6; b. -1 + 2 x 3 c. 2 + 8 : (-2) d. -3 x 4 x (-5) | 2x40 menit | |
| | Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga | · Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat. · Menghitung akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat | Tes tulis | Uraian | Hitunglah nilai dari: a. 122 b. ![]() c. 43 d. ![]() | 2x40 menit | |
| · Bilangan pecah | Mendiskusikan jenis-jenis pecahan Menyebutkan pecahan Membuat garis bilangan dan menentukan letak pecahan pada garis bilangan | · Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis pecahan :biasa, campuran desimal, persen dan permil. · Menentukan letak pecahan pada garis bilangan | Tes tulis | Isian | 1. Tiga buah apel dibagikan kepada 6 anak secara merata. Masing-masing anak memperoleh ...... bagian 2. Dua per lima bagian hasil panen diberikan kepada Adi. Bagian Adi kalau dinyatakan dalam persen adalah ...% | 2x40 menit | |
| | Mendiskusikan pecahan senilai Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain | · Menentukan pecahan yang senilai · Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain. | Tes tulis | Uraian | 1. Ubahlah dalam bentuk desimal ![]() 2. Ubahlah dalam bentuk persen 0,125 = ... % | 2x40 menit | |
| | Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, dan bagi pada pecahan Menuliskan bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron) Mendiskusikan cara membulatkan pecahan sampai satu atau dua desimal | · Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, dan bagi pada pecahan. · Mengubah bilangan ke dalam bentuk baku · Membulatkan pecahan | Tes tulis | Uraian | Hitunglah: a. 2 ½ x 1 ![]() b. ½ : ¾ c. 2,6 + 3,12 d. 2,12 + 5,98 | 4x40 menit | |
| | Menyelasaikan masalah yang ber-kaitan dengan bilangan bulat dengan menggunakan sifat-sifat penjumlah-an, pengurangan, pembagian, dan perkalian | · Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat (pengulang-an) | Tes tulis | Uraian | Dari 30 soal pilihan ganda dengan 4 option, Budi mengerjakan 20 butir soal dengan benar, 6 butir soal salah dan sisanya tidak dijawab. Jika jawaban benar diberi skor 4, salah diberi skor -1 dan tidak dijawab diberi skor 0, berapakah skor yang diperoleh Budi ? | 2x40 menit | |
| | Melakukan diskusi cara mengguna-kan operasi hitung tambah, kurang, kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan | · Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari. | Tes tulis | Uraian | Seorang dermawan membagikan sebagaian hartanya kepada 50 kepala keluarga. Jika yang dibagi-bagikan tadi berupa gula seberat 1 ton.Berapa kg-kah gula yang diperoleh setiap kepala keluar-ga ? | 4x40 menit | |
Standar Kompetensi: ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya | Bentuk aljabar | Mendiskusikan pengertian bentuk aljabar Mendiskusikan tentang variabel, konstanta, koefisien,faktor, suku dan suku sejenis | · Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis. | Tes lisan | Uraian | Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
| 2x40 menit | Buku Teks, lingkungan |
2. 2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar | Bentuk aljabar | Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar | · Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar. | Tes tulis | Uraian | Hitunglah nilai dari: a. 2x+3+ 5x-6 b. (4x -1)(-2x+5) c. (3x – 4)2 | 4x40 menit | Buku teks, lingkungan |
| | Menggunakan sifat operasi hitung untuk menyelesaikan soal yang dinyatakan dalam bentuk aljabar. Melakukan operasi hitung pada pecahan biasa untuk menyelesaikan pecahan aljabar dengan penyebut satu suku | · Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesai-kan soal-soal. · · Menyelesaikan pecahan aljabar dengan penyebut satu suku | Tes tulis | Uraian | Sebuah persegi panjang mempu-nyai ukuran panjang (2x + 5) cm dan lebar 3x cm. Hitunglah luas persegi panjang itu dinyatakan dengan x ! | 2x40 menit | |
2.3.Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel. | Persamaan linear satu variabel | Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel | · Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel | Tes lisan | Isian | Perhatikan bentuk-bentuk berikut ini: (i) 2x = 5 (ii) 5y (iii) 9g – 4 = 10 (iv) 6 – 5m = 2 Manakah yang merupakah PLSV? | 1x40 menit | Buku teks |
| | Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama | · Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama | Tes tulis | Pilihan Ganda | Bentuk- bentuk berikut ini yang setara dengan -5x + 2 = 4 adalah . . . . a. 5x – 2 = -4 b. 10x + 4 = 8 c. -10x – 4 = 8 d. 10x – 4 = -8 | 2x40 menit | |
| | Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya | · Menentukan penyelesaian PLSV | Tes tulis | Isian | Penyelesaian dari 5y – 12 = 8 adalah .... | 2x40 menit | |
2.3 Menyelesaikan perti-daksamaan linear satu variabel. | Pertidaksama an linear satu variabel | Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel | · Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel | Tes lisan | Isian | Perhatikan bentuk-bentuk: (i) 3a + 5 > 2 (ii) -4h + 4 ≤ 5 (iii) 8x -7 = 10 (iv) 5y ≥ 10 (v) –p = -5 Yang merupakan PtLSV adalah . . . . | 1x40 menit | Buku teks, lingkungan |
| | Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama | · Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama. | Tes tulis | Pilihan Ganda | Bentuk-bentuk berikut yang setara dengan 3x – 4 ≥ 5 adalah . . . .
| 2x40 menit | |
| | Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan | · Menentukan penyelesaian PtLSV | Tes tulis | Isian | Penyelesaian dari 3m – 2 ≤ 10 adalah ...... | 2x40 menit | |
Standar Kompetensi: ALJABAR
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
| | Membuat model matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel | · Mengubah masalah kedalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel | Tes tulis | Uraian | Nyatakanlah ke dalam model mate-matika. Berat barang bawaan setiap penumpang pesawat tidak boleh lebih dari 30 kg. | 1x40 menit | |
3.2.`Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkait-an dengan persamaan linear satu variabel | Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel | Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel | · Menyelesaikan model matema-tika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel | Tes tulis | Uraian | Ibu membeli satu kemasan minyak goreng berisi 5 liter. Ibu membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan, ia menerima kembalian sebesar Rp2500,00. Berapa harga satu liter minyak goreng ? | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
| | Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel | · Menyelesaikan model mate-matika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksa-maan linear satu variabel | Tes tulis | Uraian | Suatu mobil dapat mengangkut barang dengan berat tidak lebih dari 1500 kg. Jika sebuah kotak beratnya 13 kg, maka berapa paling banyak kotak yang dapt diangkut mobil tersebut | 2x40 menit | |
3.3.Menguna-kan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana | Perbandingan dan aritmetika sosial | Melakukan simulasi kegiatan ekono-mi sehari-hari (jual beli) Mendiskusikan penertian dan meng-hitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai sebagian | · Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian. | Tes tulis | Uraian | Harga satu kodi kaos kaki Rp196.000,-
| 2x40 menit | Buku teks, uang, barang-barang yang bias diperjualbelikan, bank |
| | Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi | · Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi. | Tes tulis | Uraian | Budi menabung uang sebesar Rp750.000,- di bank. Jika bank memberikan bunga tunggal sebesar 6 % se tahun, maka berapakah besar uang Budi pada akhir bulan ke-4 ? | 2x40 menit | |
3.4 Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah | Perbandingan | Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala | · Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan. | Tes tulis | Uraian | Apakah arti skala 1 : 100.000 ? | 1x40 menit | Buku teks, peta, foto |
| | Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala | · Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala. | Tes tulis | Uraian | Ukuran foto I adalah 4 cm x 6 cm, ukuran foto II adalah 2 cm x 3 cm. Berapakah perbandingan:
| 2x40 menit | |
| | Mendiskusikan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) | · Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) | Tes tulis | Uraian | Berikanlah beberapa contoh sehari-hari yang merupakan: a. perbandingan senilai; b. perbandingan berbalik nilai. | 2x40 menit | |
| | Menggunakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) untuk menyelesaikan soal/ masalah sehari-hari | · Menyelesaikan soal yang meli-batkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai) | Tes tulis | Uraian | Perjalanan dari kota A ke kota B dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dengan kecepatan rata-rata 45 km/jam. Berapa waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak yang sama jika kecepatannya dinaikkan menjadi 60 km/jam ? | 2x40 menit | |
Mengetahui, Sukabumi, 15 Juli 2008.
Kepala SMPN 1 Jampangtengah Guru Mata Pelajaran
Drs. Beben Suryana Drs. Soib, M.M.Pd.
NIP 131794702 NIP 13210523
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 1 JAMPANGTENGAH
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : II(dua)
Standar Kompetensi : ALJABAR
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya | Himpunan | Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan | · Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya | Tes tulis | Uraian | Di dalam kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan | 1x40 menit | Buku teks, lingkungan |
| | Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan | · Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan | Tes lisan | Uraian | Diketahui A adalah himpunan bilangan prima yang kurang dari 10 dan B adalah himpunan 4 bilangan asli yang pertama. a. sebutkan semua B yang juga merupakan anggota A; b.sebutkan pula semua anggota A yang bukan anggota B; | 1x40 menit | |
| | Menyatakan notasi himpunan | · Menyatakan notasi himpunan | Tes tulis | Uraian | Nyatakan dengan notasi himpunan: himpunan bilangan ganjil yang kurang dari 20. | 1x40 menit | |
| | Membedakan himpunan kosong, nol dan notasinya | · Mengenal himpunan kosong dan notasinya | Tes lisan | Pilihan Ganda; B-S | Nyatakan benar atau salah setiap pernyataan berikut: a. himpunan kosong = 0; b. 0 = Ø c. { } = {0} | 1x40 menit | |
4.2 Memahami konsep himpun an bagian | Himpunan | Mendiskusikan pengertian himpunan bagian Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan | · Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan | Tes tulis | Pilihan Ganda | Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16} a. {0, 2, 4, 6} b. {2, 4, 6, 8} c. {8, 10, 12, 14, 16} d. {10} | 1x40 menit | Buku teks, lingkungan |
| | Menentukan banyak himpunan bagi-an suatu himpunan Menemukan rumus banyak him-punan bagian suatu himpunan | · Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan | Tes tulis | Uraian | Tulislah semua himpunan bagian dari {1, 2, 3, 4} | 1x40 menit | |
| | Mendiskusikan pengertian himpunan semesta Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta | · Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebut-kan anggotanya | Tes tulis | Uraian | Kalau obyek yang dibicarakan adalah bilangan prima, maka himpunan semestanya adalah .... | 1x40 menit | |
4.3 Melaku kan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan | Himpunan | Mendiskusikan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan. Menuliskan irisan, gabungan, kurang, dari dua himpunan. Mnuliskan notasi gabungan dua himpunan Menyatakan notasi irisan dua himpunan | · Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan · Menentukan irisan dan gabungan dua himpunan | Tes tulis | Uraian | Jika A adalah himpunan bilangan ganjil kurang dari 10 dan B adalah himpunan bilangan prima antara 5 dan 15 maka dengan mendaftar tentukan: a. A ∩ B b. A U B | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
| | Mendiskusikan pengertian kurang dari suatu himpunan dari himpunan lainnya Menuliskan kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya | · Menjelaskan kurang(difference) suatu himpinan dari himpunan lainnya | Tes tulis | Isian | Kalau A adalah himpunan bilangan bulat antara -5 dan 5, B adalah himpunan bilangan genap antara 1 dan 7, maka A\B = A – B adalah .... | 2x40 menit | |
| | Mendiskusikan komplemen suatu himpunan Menulisan komplemen suatu himpunan Menuliskan notasi komplemen suatu himpunan | · Menjelaskan komplemen dari suatu himpunan | Tes tulis | Uraian | Tulislah komplemen dari X = {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semestanya adalah S adalah himpunan bilangan asli lebih dari atau sama dengan 1 dan kurang dari atau sama dengan 9. | 2x40 menit | |
4.4 Menyaji kan himpunan dengan diagram Venn | Himpunan | Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram Menggambar diagram Venn untuk berbagai himpunan Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan | · Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn | Tes tulis | Uraian | Jika diketahui bahwa: P = {a, k, u, t, o, h}, Q = {t, a, u, d, e, h}, buatlah diagram Venn yang menyatakan: a. P ∩ Q b. P U Q? | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
| | Menggunakan diagram Venn untuk menyajian kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan | · Menyajikan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn | Tes tulis | Uraian | Jika diketahui bahwa: P = {a, k, u, t, o, h}, Q = {t, a, u, d, e, h}, buatlah diagram Venn yang menyatakan P – Q. | 1x40 menit | |
| | Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan | · Menyajikan komplemen suatu himpunan | Tes tulis | Uraian | Gambarlah pada satu diagram Venn jika himpunan semesta S = Himpunan semua bilangan cacah, dan A adalah himpunan bilangan ganjil antara 0 dan 10. tentukan Ac dengan cara mendaftar ? | 2x40 menit | |
4.5 Menggu nakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah | Himpunan | Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari | · Menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan | Tes tulis | Uraian | Di dalam suatu kelas ada 40 siswa, 20 siswa diantaranya senang matematika, 15 siswa senang bahasa, sedang 8 siswa tidak senang matematika juga tidak senang bahasa. Berapa siswakah yang senang matematika dan senang bahasa? | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Standar Kompetensi : GEOMETRI
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||
5.1. Menentu-kan hu-bungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut | Garis dan Sudut | Mendiskusikan kedudukan dua garis pada masalah kontekstual | · Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit | Tet tulis | Uraian | Jelaskan apa yang dimaksud dengan kedudukan dua garis yang: a. sejajar; b. berimpit; c. berpotongan; d. bersilangan. | 1x40 menit | Buku Teks, Lingkungan | |||
| | Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan | · Mengenal satuan sudut yang sering digunakan | Tes tulis | Isian | Satuan sudut yang sering digunakan adalah . . . . | 1x40 menit | | |||
| | Melakukan pengukuran sudut dengan menggunakan busur derajat | · Mengukur besar sudut dengan busur derajat | Tes tulis | Uraian | Ukurlah dengan busur derajat besar sudut-sudut berikut ini : ![]() b. | 1x40 menit | | |||
| | Mendiskusikan jenis-jenis sudut Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut | · Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku-siku, lancip, tumpul) | Tes lisan | Uraian | Jelaskan perbedaan jenis sudut siku-siku, lancip dan tumpul ! | 1x40 menit | | |||
5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua ga-ris berpo-tongan atau dua garis sejajar berpotong-an dengan garis lain | Garis dan sudut | Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi | · Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain) | Tes tulis | Uraian | Perhatikan gambar: ![]() Gunakan busur derajat untuk mengukur semua sudut yang tampak pada gambar. Kesimpulan apa yang Anda peroleh ? | 2x40 menit | Buku teks, model dari kawat | |||
5.3 Melukis sudut | Garis dan sudut | Melukis sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat Memindahkan sudut dengan meng-gunakan penggaris dan jangka | · Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka | Tes tulis | Uraian | Diketahui sebuah sudut seperti tampak pada gambar berikut:
Lukislah sudut yang besarnya sama dengan sudut yang ada pada gambar | 2x40 menit | Buku teks, penggaris, jangka | |||
| | Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut 600 dan 900 Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga siku-siku | · Melukis sudut 600 dan 900. | Tes tulis | Uraian | Dengan menggunakan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya: a. 600 b. 900 | 2x40 menit | | |||
5.4 Membagi sudut | Garis dan sudut | Menggunakan penggaris dan jangka untuk membagi sudut menjadi dua sama besar | · Membagi sudut menjadi 2 sama besar | Tes tulis | Uraian | Perhatikan gambar berikut:
Dengan penggaris dan jangka, bagilah sudut pada gambar menjadi 2 bagian yang sama besar. | 2x40 menit | Buku teks, penggaris, jangka | |||
| | Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut 300, 450, 1200, dan 1500. | · Melukis sudut 300, 450, 1200, dan 1500. | Tes tulis | Uraian | Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya: a. 450 b. 1200 | 2x40 menit | |
Standar Kompetensi : GEOMETRI
6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Mengidenti fikasi sifat-sifat segi-tiga berda-sarkan sisi dan sudut-nya | Segiempat dan segitiga | Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan model segitiga | · Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya | Tes tulis | Uraian | Jelaskan jenis-jenis segitiga berda-sarkan ukuran panjang sisinya ! | 1x40 menit | Buku teks, Model-model segitiga |
| | Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan model segitiga | · Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya | Tes tulis | Uraian | Jelaskan jenis-jenis segitiga bersa-darkan besar sudut-sudutnya ! | 1x40 menit | |
6.2 Menginden- tifikasi sifat-sifat perse-gi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang | Segiempat dan segitiga | Menggunakan lingkungan untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya | · Menjelaskan pengertian jajargen-jang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya. | Tes lisan | Uraian | Lihatlah di seluruh ruang kelasmu! a. Benda-benda manakah yang berbentuk persegi? Jelaskan ! b. Benda-benda manakah yang berbentuk persegipanjang? Jelaskan ! | 2x40 menit | Buku teks, model bangun datar dari kawat dan dari karton, benda-benda di sekitar siswa. |
| | Menemukan luas persegi dan persegi panjang menggunakan petak-petak(satuan luas) Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegi panjang Menemukan luas jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas persegi atau persegi panjang | · Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat | Tes tulis | Isian | ![]() Luas persegipanjang ABCD adalah ....... | 4x40 menit | |
| | Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat untuk menyelesaikan masalah | · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat | Tes tulis | Uraian | Pak Surya mempunyai kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 1 km dan lebar 0,75 km. Kebun tersebut akan ditanami pohon kelapa yang berjarak 8 m satu dengan yang lain. Berapa banyak bibit pohon kelapa yang diperlukan pak Surya? | 2x40 menit | |
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu | Segitiga | Menggunakan penggaris, jangka, dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui: - etiga sisinya - dua sisi dan satu sudut apitnya - satu sisi dan dua sudut | · Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut | Tes tulis | Uraian | Lukislah sebuah segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya 2 cm, 3 cm, dan 1,5 cm. | 2x40 menit | Buku teks, penggaris, jangka |
| | Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat | · Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki | Tes tulis | Uraian | Lukislah sebuah segitiga ABC dengan panjang AC = BC = 3 cm. | 2x40 menit | |
| | Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis garis sumbu, garis bagi, garis berat, dan garis tinggi suatu segitiga | · Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu. | Tes tulis | Uraian | ![]() Lukislah ketiga garis tinggi dari masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian dapatkan? | 2x40 menit | |
Mengetahui, Sukabumi, 15 Juli 2008.
Kepala SMPN 1 Jampangtengah Guru Mata Pelajaran
Drs. Beben Suryana Drs. Soib, M.M.Pd
NIP 131794702 NIP 13210523
Tidak ada komentar:
Posting Komentar