Minggu, 07 November 2010

Silabus VII


Silabus PEMBELAJARAN

Sekolah                     :  SMP NEGERI 1 JAMPANGTENGAH
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran           : Matematika
Semester                     :  I(satu)

Standar Kompetensi : BILANGAN
1.        Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah
·   Bilangan bulat


Melakukan  diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengulangan)
Menyebutkan bilangan bulat
Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat

·   Memberikan contoh bilangan bulat



Tes tulis
Uraian
Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 5.

1x40 menit
Buku teks
Garis bilang-an
Termometer
Tangga rumah
Kue yang bulat,
Lingkungan
Buah-buahan


Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
·   Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
Tes tulis
 Uraian


 


Letakkanlah bilangan -2, 0, dan 2 pada garis bilangan tersebut

1x40 menit



Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran

Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif
·   Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.

Tes tulis
Uraian
 Hitunglah:
a.        -2 + 3 – 4 + 5 – 6;
b.        -1 + 2 x 3
c.        2 + 8 : (-2)
d.        -3 x 4 x (-5)
2x40 menit



Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga

·   Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.
·   Menghitung akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat

Tes tulis
Uraian
 Hitunglah nilai dari:
   a. 122
   b. 
   c. 43
   d.
  
2x40 menit


·   Bilangan pecah
Mendiskusikan jenis-jenis pecahan
Menyebutkan pecahan
Membuat garis bilangan dan menentukan letak pecahan pada garis bilangan

·   Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis pecahan :biasa, campuran desimal, persen dan permil.
·   Menentukan letak pecahan pada garis bilangan

Tes tulis
Isian
 1.   Tiga buah apel dibagikan kepada 6 anak secara merata. Masing-masing anak memperoleh ...... bagian
 2.    Dua per lima bagian hasil panen diberikan kepada Adi. Bagian Adi kalau dinyatakan dalam persen adalah ...%
2x40 menit








Mendiskusikan pecahan senilai
Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain
·   Menentukan pecahan yang senilai
·   Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

Tes tulis
Uraian
 1. Ubahlah dalam bentuk desimal
      = . . .

 2. Ubahlah dalam bentuk persen
    0,125 = ... %
2x40 menit



Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, dan bagi pada pecahan

Menuliskan bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron)

Mendiskusikan cara membulatkan pecahan sampai satu atau dua desimal

·   Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, dan bagi pada pecahan.
·   Mengubah bilangan ke dalam bentuk baku
·   Membulatkan pecahan

Tes tulis
Uraian
 Hitunglah:

 a.  2 ½  x  1 
 b.  ½   :  ¾   

 c.  2,6  +  3,12
 d. 2,12  +  5,98
4x40 menit



Menyelasaikan masalah yang ber-kaitan dengan bilangan bulat dengan menggunakan sifat-sifat penjumlah-an, pengurangan, pembagian, dan perkalian


·   Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat (pengulang-an)

Tes tulis
Uraian
Dari 30 soal pilihan ganda dengan 4 option, Budi mengerjakan 20 butir soal dengan benar, 6 butir soal salah dan sisanya tidak dijawab. Jika jawaban benar diberi skor 4, salah diberi skor -1 dan tidak dijawab diberi skor 0, berapakah skor yang diperoleh Budi ?
2x40 menit



Melakukan diskusi  cara mengguna-kan operasi hitung tambah, kurang,  kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan



·   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.

Tes tulis
Uraian
Seorang dermawan membagikan  sebagaian hartanya kepada 50 kepala keluarga. Jika yang dibagi-bagikan tadi berupa gula seberat 1 ton.Berapa kg-kah gula yang diperoleh  setiap  kepala  keluar-ga ?
4x40 menit



Standar Kompetensi: ALJABAR
                                        2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya

Bentuk aljabar

Mendiskusikan pengertian bentuk aljabar

Mendiskusikan tentang variabel, konstanta, koefisien,faktor, suku dan suku
sejenis

·   Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

Tes lisan
Uraian
Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
  1. variabel;
  2. konstanta;
  3. faktor;
2x40 menit
Buku Teks, lingkungan
2. 2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar

Bentuk aljabar
Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar


·   Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.



Tes tulis
Uraian
 Hitunglah nilai dari:
 a.  2x+3+ 5x-6
 b.  (4x -1)(-2x+5)
 c.  (3x – 4)2
4x40 menit
Buku teks, lingkungan


Menggunakan sifat operasi
hitung  untuk menyelesaikan
soal yang dinyatakan dalam
bentuk aljabar.
Melakukan operasi  hitung
pada pecahan biasa untuk
menyelesaikan pecahan aljabar
dengan penyebut satu suku

·  Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesai-kan soal-soal.
·   
·  Menyelesaikan pecahan aljabar dengan penyebut satu suku

Tes tulis
Uraian
Sebuah persegi panjang mempu-nyai ukuran panjang (2x + 5) cm dan lebar 3x cm. Hitunglah luas persegi panjang itu dinyatakan dengan x !

2x40 menit

2.3.Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel.
Persamaan linear satu variabel
Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

·   Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
Tes lisan
Isian
Perhatikan bentuk-bentuk berikut ini:
(i)       2x = 5
(ii)     5y
(iii)    9g – 4 = 10
(iv)   6 – 5m = 2
 Manakah yang merupakah PLSV?

1x40 menit
Buku teks


Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV  dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan  bilangan yang sama

·   Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama

Tes tulis
Pilihan Ganda
Bentuk- bentuk berikut ini yang  setara dengan -5x + 2 = 4 adalah . . . .
a. 5x – 2 = -4
b. 10x + 4 = 8
c. -10x – 4 = 8
d. 10x – 4 = -8
2x40 menit



Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya

·   Menentukan penyelesaian PLSV

Tes tulis
Isian
Penyelesaian dari 5y – 12 = 8 adalah ....
2x40 menit

2.3  Menyelesaikan perti-daksamaan linear satu variabel.

Pertidaksama an linear satu variabel
Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel

·   Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

Tes lisan
Isian
Perhatikan bentuk-bentuk:
(i)  3a + 5 > 2
(ii) -4h + 4 ≤ 5
    (iii) 8x -7 = 10
      (iv) 5y ≥ 10
(v)     –p = -5
 Yang merupakan PtLSV adalah . . . .
1x40 menit
Buku teks, lingkungan


Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV  dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama
·   Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.

Tes tulis
Pilihan Ganda
Bentuk-bentuk berikut  yang setara dengan 3x – 4 ≥ 5 adalah . . . .
  1. 5x – 7 ≥ 9
  2. 6x + 8 ≥ 10
  3. 9x – 12 ≥ 15
  4. -3x + 4 ≥ -5
2x40 menit



Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan

·   Menentukan penyelesaian PtLSV


Tes tulis
Isian
Penyelesaian dari 3m – 2 ≤ 10 adalah ......
2x40 menit



Standar Kompetensi: ALJABAR
                                  3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen


Membuat model matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel

·   Mengubah masalah kedalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
Tes tulis
Uraian
Nyatakanlah ke dalam model mate-matika.
Berat barang bawaan setiap penumpang pesawat tidak boleh lebih dari 30 kg.
1x40 menit

3.2.`Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkait-an dengan persamaan linear satu variabel

Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

·   Menyelesaikan model matema-tika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel


Tes tulis
Uraian
Ibu membeli satu kemasan minyak goreng berisi 5 liter. Ibu membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan, ia menerima kembalian sebesar Rp2500,00. Berapa harga satu liter minyak goreng ?
2x40 menit
Buku teks, lingkungan


Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

·   Menyelesaikan  model mate-matika suatu masalah  yang berkaitan dengan pertidaksa-maan linear satu variabel

Tes tulis
Uraian
Suatu mobil dapat mengangkut  barang dengan berat tidak lebih dari 1500 kg. Jika sebuah kotak beratnya 13 kg, maka berapa paling banyak kotak yang dapt diangkut mobil tersebut
2x40 menit

3.3.Menguna-kan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana

Perbandingan dan aritmetika sosial
Melakukan simulasi kegiatan ekono-mi sehari-hari (jual beli)

Mendiskusikan penertian dan meng-hitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai sebagian

·   Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.

Tes tulis
Uraian
Harga  satu kodi kaos kaki Rp196.000,-
  1. berapakah harga 1 pasang kaos kaki ?
  2. berapakah harga 1 lusin kaos kaki ?
2x40 menit
Buku teks, uang, barang-barang yang bias diperjualbelikan, bank


Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi

·   Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

Tes tulis
Uraian
Budi menabung uang sebesar Rp750.000,- di bank. Jika bank memberikan bunga tunggal sebesar 6 % se tahun, maka berapakah besar uang Budi pada akhir bulan ke-4 ?
2x40 menit

3.4 Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah
Perbandingan
Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan

Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala


·   Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.

Tes tulis
Uraian
Apakah arti skala 1 : 100.000 ?
1x40 menit
Buku teks, peta, foto


Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala

Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala

·   Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.

Tes tulis
Uraian
Ukuran foto I adalah 4 cm x 6 cm, ukuran foto II adalah 2 cm x 3 cm. Berapakah perbandingan:
  1. foto I dengan foto II;
  2. foto II dengan foto I.
2x40 menit




Mendiskusikan perbandingan seharga(senilai) dan  berbalik harga(nilai)

Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

·   Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

Tes tulis
Uraian
Berikanlah beberapa contoh sehari-hari yang merupakan:
a.     perbandingan senilai;
b.    perbandingan berbalik nilai.
2x40 menit



Menggunakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) untuk menyelesaikan soal/ masalah sehari-hari


·   Menyelesaikan soal yang meli-batkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)

Tes tulis
Uraian
Perjalanan dari kota A ke kota B dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dengan kecepatan rata-rata 45 km/jam. Berapa waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak yang sama jika kecepatannya dinaikkan menjadi 60 km/jam ?
2x40 menit












               Mengetahui,                                                                                                                                              Sukabumi, 15 Juli 2008.
               Kepala SMPN 1 Jampangtengah                                                                                                        Guru Mata Pelajaran





               Drs. Beben Suryana                                                                                                                          Drs. Soib, M.M.Pd.
               NIP 131794702                                                                                                                                  NIP 13210523

Silabus PEMBELAJARAN

Sekolah                     :  SMP NEGERI 1 JAMPANGTENGAH
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran           : Matematika
Semester                     :  II(dua)

Standar Kompetensi : ALJABAR
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1  Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
Himpunan

Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan







·   Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya




Tes tulis






Uraian






Di dalam kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan




1x40 menit
Buku teks, lingkungan


Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan

·   Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan

Tes lisan
Uraian
Diketahui A adalah himpunan bilangan prima yang kurang dari 10 dan B adalah himpunan 4 bilangan asli yang pertama.
a. sebutkan semua B yang juga merupakan anggota A;
b.sebutkan pula semua anggota A yang bukan anggota B;

1x40 menit



Menyatakan notasi himpunan

·   Menyatakan notasi himpunan


Tes tulis
Uraian
Nyatakan dengan notasi himpunan: himpunan bilangan ganjil yang kurang dari 20.
1x40 menit



Membedakan himpunan kosong, nol dan notasinya

·   Mengenal himpunan kosong dan notasinya

Tes lisan
Pilihan Ganda; B-S
Nyatakan benar atau salah setiap pernyataan berikut:
a. himpunan kosong = 0;
b. 0 = Ø
c. {  } = {0}
1x40 menit

4.2 Memahami konsep himpun an bagian

Himpunan
Mendiskusikan pengertian himpunan bagian
Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan

·   Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan

Tes tulis
Pilihan Ganda
Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16}
a.     {0, 2, 4, 6}
b.    {2, 4, 6, 8}
c.     {8, 10, 12, 14, 16}
d.    {10}
1x40 menit
Buku teks, lingkungan


Menentukan banyak himpunan bagi-an suatu himpunan
Menemukan rumus banyak him-punan bagian suatu himpunan


·   Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan

Tes tulis
Uraian
Tulislah semua himpunan bagian dari {1, 2, 3, 4}
1x40 menit



Mendiskusikan pengertian himpunan semesta

Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta

·   Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebut-kan anggotanya

Tes tulis
Uraian
Kalau obyek yang dibicarakan adalah bilangan prima, maka himpunan semestanya adalah ....
1x40 menit

4.3 Melaku kan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan


 Himpunan
Mendiskusikan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan.

Menuliskan irisan, gabungan, kurang, dari  dua himpunan.

Mnuliskan notasi gabungan dua himpunan

Menyatakan notasi irisan dua himpunan
·   Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan
·   Menentukan irisan dan gabungan dua himpunan

Tes tulis
Uraian
Jika A adalah himpunan bilangan ganjil kurang dari 10 dan B adalah himpunan bilangan prima antara 5 dan  15 maka dengan mendaftar tentukan:
a. A ∩ B
b. A U B
2x40 menit
Buku teks, lingkungan


Mendiskusikan pengertian kurang dari suatu himpunan dari himpunan lainnya
Menuliskan kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya
Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya
·   Menjelaskan kurang(difference) suatu himpinan dari himpunan lainnya
Tes tulis
Isian
Kalau A adalah himpunan bilangan bulat antara -5 dan 5, B adalah himpunan bilangan genap antara 1 dan 7, maka A\B = A – B  adalah ....

2x40 menit



Mendiskusikan komplemen suatu himpunan
Menulisan komplemen suatu himpunan
Menuliskan notasi komplemen suatu himpunan
·   Menjelaskan komplemen dari suatu himpunan
Tes tulis
Uraian
Tulislah komplemen dari X = {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semestanya adalah S adalah himpunan bilangan asli lebih dari atau sama dengan    1 dan kurang dari atau sama dengan 9.
2x40 menit

4.4  Menyaji kan himpunan dengan diagram Venn


Himpunan
Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram
Menggambar diagram Venn untuk berbagai himpunan
Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan

·   Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn


Tes tulis
Uraian
Jika diketahui bahwa:
P = {a, k, u, t, o, h}, Q = {t, a, u, d, e, h}, buatlah diagram Venn yang menyatakan:
a. P ∩ Q
b. P U Q?
2x40 menit
Buku teks, lingkungan


Menggunakan diagram Venn untuk menyajian kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan
·   Menyajikan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn
Tes tulis
Uraian
Jika diketahui bahwa:
P = {a, k, u, t, o, h}, Q = {t, a, u, d, e, h}, buatlah diagram Venn yang menyatakan P – Q.

1x40 menit



Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan
·   Menyajikan komplemen suatu himpunan
Tes tulis
Uraian
Gambarlah pada satu diagram Venn jika himpunan semesta S = Himpunan semua bilangan cacah, dan A adalah himpunan bilangan ganjil antara 0 dan 10.
tentukan Ac  dengan cara  mendaftar ?
2x40 menit

4.5  Menggu nakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah

 Himpunan
Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
·   Menyelesaikan masalah dengan menggunakan  diagram Venn dan konsep himpunan

Tes tulis
Uraian
Di dalam suatu kelas ada 40 siswa, 20 siswa diantaranya senang matematika, 15 siswa senang bahasa, sedang 8 siswa tidak senang matematika juga tidak senang bahasa. Berapa siswakah yang senang matematika dan senang bahasa?
2x40 menit
Buku teks, lingkungan




Standar Kompetensi : GEOMETRI
5.  Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1. Menentu-kan hu-bungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut

Garis dan Sudut

Mendiskusikan kedudukan dua garis pada masalah kontekstual







·   Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit



Tet tulis






Uraian
Jelaskan apa yang dimaksud dengan kedudukan dua garis yang:
a.  sejajar;
b. berimpit;
c.  berpotongan;
d. bersilangan.

1x40 menit
Buku Teks,
Lingkungan


Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan

·   Mengenal satuan sudut yang sering digunakan

Tes tulis

Isian
Satuan sudut yang sering digunakan adalah . . . .
1x40 menit



Melakukan pengukuran sudut dengan menggunakan busur derajat

·   Mengukur besar sudut dengan busur derajat

Tes tulis
Uraian
Ukurlah dengan busur derajat besar sudut-sudut berikut ini :
 a.


   

 b.


    

1x40 menit



Mendiskusikan jenis-jenis sudut
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut

·   Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku-siku, lancip, tumpul)






Tes lisan
Uraian
Jelaskan perbedaan jenis sudut siku-siku, lancip dan tumpul !






1x40 menit

5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua ga-ris berpo-tongan atau dua garis sejajar berpotong-an dengan garis lain

Garis dan sudut
Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain


Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi


·   Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain)

Tes tulis
Uraian
 Perhatikan gambar:
 








Gunakan busur derajat untuk mengukur semua sudut yang tampak pada gambar. Kesimpulan apa yang Anda peroleh ?
2x40 menit
Buku teks,  model dari kawat
5.3 Melukis sudut



Garis dan sudut
Melukis sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat

Memindahkan sudut dengan meng-gunakan penggaris dan jangka

·   Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka

Tes tulis
Uraian
Diketahui sebuah sudut seperti tampak pada gambar berikut:


 




Lukislah sudut yang besarnya sama dengan sudut yang ada pada gambar
2x40 menit
Buku teks, penggaris, jangka


Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut  600  dan  900

Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga siku-siku

·   Melukis sudut 600 dan 900.
Tes tulis
Uraian
Dengan menggunakan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya:
a.  600
b.  900
2x40 menit

5.4 Membagi sudut



Garis dan sudut
Menggunakan penggaris dan jangka untuk membagi sudut menjadi dua sama besar
 

·   Membagi sudut menjadi 2 sama besar


Tes tulis
Uraian
 Perhatikan gambar berikut:


 






Dengan penggaris dan jangka, bagilah sudut pada gambar menjadi 2 bagian yang sama besar.

2x40 menit
Buku teks, penggaris, jangka


Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut 300,  450,       1200,    dan 1500.

·   Melukis sudut 300,  450,  1200,    dan 1500.

Tes tulis
Uraian
Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya:
a.  450
b. 1200
2x40 menit




Standar Kompetensi : GEOMETRI
6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Mengidenti fikasi sifat-sifat segi-tiga berda-sarkan sisi dan sudut-nya

Segiempat dan segitiga

Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan model segitiga




·         Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya

Tes tulis
Uraian
Jelaskan jenis-jenis segitiga berda-sarkan ukuran panjang sisinya !


1x40 menit
Buku teks,
Model-model segitiga


Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan model segitiga
·   Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya
Tes tulis
Uraian
Jelaskan jenis-jenis segitiga bersa-darkan besar sudut-sudutnya !
1x40 menit

6.2 Menginden- tifikasi sifat-sifat perse-gi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang

Segiempat dan segitiga

Menggunakan lingkungan
untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya

·   Menjelaskan pengertian jajargen-jang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.

Tes lisan
Uraian
Lihatlah di seluruh ruang kelasmu!
a.   Benda-benda manakah yang  berbentuk persegi? Jelaskan !
b.   Benda-benda manakah yang berbentuk persegipanjang? Jelaskan !
2x40 menit
Buku teks, model bangun datar dari kawat dan dari karton, benda-benda di sekitar siswa.


Menemukan luas persegi dan persegi panjang menggunakan petak-petak(satuan luas)

Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegi panjang

Menemukan luas jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas persegi atau persegi panjang

·   Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat

Tes tulis
Isian



 Luas persegipanjang ABCD adalah .......
4x40 menit



Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat untuk menyelesaikan masalah
·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan  segi empat

Tes tulis
Uraian
Pak Surya mempunyai kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 1 km dan lebar 0,75 km. Kebun tersebut akan ditanami pohon kelapa yang berjarak 8 m satu dengan yang lain. Berapa banyak bibit pohon kelapa yang diperlukan pak Surya?
2x40 menit

6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

Segitiga
Menggunakan penggaris, jangka, dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui:
    - etiga sisinya
    - dua sisi dan satu sudut apitnya
  - satu sisi dan dua sudut
·   Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut

Tes tulis
Uraian
Lukislah sebuah segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya 2 cm, 3 cm, dan 1,5 cm.
2x40 menit
Buku teks, penggaris, jangka


Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat

·   Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki


Tes tulis
Uraian
Lukislah sebuah segitiga ABC dengan panjang AC = BC = 3 cm.
2x40 menit



Menggunakan penggaris dan  jangka untuk melukis garis sumbu, garis bagi, garis berat, dan garis tinggi suatu segitiga

·   Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.
Tes tulis
Uraian




Lukislah ketiga garis tinggi dari masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian dapatkan?
2x40 menit







               Mengetahui,                                                                                                                                        Sukabumi, 15 Juli 2008.
               Kepala SMPN 1 Jampangtengah                                                                                                        Guru Mata Pelajaran





               Drs.  Beben Suryana                                                                                                                         Drs. Soib, M.M.Pd
               NIP 131794702                                                                                                                                   NIP 13210523

Tidak ada komentar:

Posting Komentar