Senin, 08 November 2010

KTSP


 

 

 











KURIKULUM

SMP NEGERI 1 JAMPANGTENGAH
TAHUN PELAJARAN 2010/2011






                    









PEMERINTAH KABUPATEN SUKABUMI
 DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 JAMPANGTENGAH
Jl. Pramuka 7 Bojonglopang  Tlp. (0266) 460017- Sukabumi 43171





 



LEMBAR PENGESAHAN




Setelah memperhatikan pertimbangan dari Komite Sekolah, dan diketahui oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dimaka dengan ini Kurikulum SMP Negeri 1 Jampangtengah ditetapkan untuk diberlakukan mulai Tahun Pelajaran 2010/2011,

                                                                    Ditetapkan di       : Sukabumi
                                                                   Tanggal                : 12 Juli 2010




Komite Sekolah,                                         Kepala Sekolah,



.......................                                   ...................................                             



Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan ............




............................................... 
                                              NIP 



KATA PENGANTAR


            Puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat dan rahmatNya jualah kami dapat menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Negeri 1 Jampangtengah ini, sesuai dengan amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan, khususnya mengenai pasal-pasal yang berkaitan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendiidikan dan manajemen Berbasis Sekolah.
             Kurikulum SMP Negeri 1 Jampangtengah disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum SMP Negeri 1 Jampangtengah dengan masukan/pertimbangan dari Komite Sekolah dan bimbingan dan pendampingan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.
            Penyusuan Kurikulum SMP Negeri 1 Jampangtengah mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan, serta berpedoman pada Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
            Kurikulum SMP Negeri 1 Jampangtengah dikembangkan dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dan memperhatikan kondisi yang ada di lingkungan Jampangtengah khususnya serta nilai-nilai budaya Jawa Barat umumnya.DA
            Dengan menjadikan Kurikulum  SMP Negeri 1 Jampangtengah ini sebagai pedoman bagi semua warga sekolah, kami berharap dapat memberikan layanan terbaik kepada peserta didik untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berpengetahuan luas, sehat, terampil, mandiri, kreatif, bertanggung jawab, bermanfaat bagi lingkungan dan mampu berkompetisi secara global.
Kepada seluruh pihak yang telah membantu pengembangan Kurikulum SMP Negeri 1 Japangtengah ini kami sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih.

                                                                                             Sukabumi, 12 Juli 2010
                                                                                             Kepala Sekolah,




                                                                                             ...............................................
                                                                                             NIP

                         
                                                                                                                                           





DAFTAR ISI


Kata Pengantar     …………………………………………………………………..              i
Daftar Isi     …………………………………………………………………………             ii
Rumusan Tujuan dan SKL Satuan Pendidikan      …………………………………                 iii
Keputusan Bersama Kepala SMP N 1 Jampangtengah dan Komite Sekolah   …….                 iv
BAB I       Pendahuluan
A.    Latar Belakang    ……………………………………………………
B.     Tujuan Pengembangan  KTSP    ……………………………………
C.     Perinsip Pengembangan KTSP   ……………………………………
BAB II      Tujuan
A.    Tujuan Pendidikan (SMP)    ………………………………………..
B.     VISI      ……………………………………………………………..
C.     MISI     ……………………………………………………………..
D.    Tujuan Sekolah     …………………………………………………..
BAB III    Struktur dan Muatan KTSP
A.    Mata Pelajaran    ……………………………………………………
B.     Muatan Lokal     …………………………………………………….
C.     Pengembangan Diri    ……………………………………………….
D.    Pengaturan Beban Mengajar ………………………………………..
E.     Ketuntasan Belajar      ………………………………………………
F.      Kenaikan Kelas dan Kelulusan     …………………………………..
G.    Pendidikan Kecakapan Hidup   …………………………………….
H.    Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global ……………….
BAB IV    Kalender Pendidikan                 ...............................................................






BAB I
PENDAHULUAN



A.    Latar Belakang (masukan karakteristik sekolah shg terlihat)
Kurikulum dikembangkan sebagai pedoman kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesekuaian dengan kekahsan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan untuk memungkinkan penyeuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengacu kepada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, standar proses, kmpetensi kelulusan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembaiayaan dan penilaian pendidikan. Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi suatu lembaga pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

B.     Landasan
Yang menjadi landasan hukum dari penyusunan Kurikulum SMP Negeri 1 Jampangtengah ini adalah:
1.      Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional.
2.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan, khususnya mengenai pasal-pasal yang berkaitan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendiidikan dan manajemen Berbasis Sekolah.
3.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi,
4.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan,
5.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2006 Pelaksanaan Permendiknas No 22 dan 23,
6.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.  14   Tahun 2007 Tentang Pengembangan Silabus dan RPP.
7.      Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 431/Kep.700-Disdik/2010 Tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pemberlajaran Kesenian Daerah
8.      Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

C.    Tujuan Pengembangan KTSP
Tujuan dari Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah agar dapat memberikan kesempatan peserta didik untuk :
1.      Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
2.      Belajar untuk memahami dan menghayati,
3.      Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
4.      Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
5.      Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, keratif dan efektif dan menyenagkan

D.    Perinsip Pengembangan KTSP
Pengembagan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut :
1.      Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuan, kepentingan siswa,
2.      Beragam dan terpadu,
3.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni,
4.      Relevan dengan kebutuhan hidup,
5.      Menyeluruh dan berkesinambungan
6.      Belajar sepanjang hayat,
7.      Seimbang dengan kepentingan nasional dan daerah.




BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN

A.    Tujuan Pendidikan
Sebagai penerapan dari Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri, serta berlandaskan pada tujuan dari pendidikan dasar yakni meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadaian, akhlak mulia, serta ktereampilan untuk dapat hidup mandiri dan mengikuti pendidikan yang lebih lanjut, maka SMP Negeri 1 Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi sebgai institusi pendidikan menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan tujuan sebagai berikut :
1.      Sebagai kerangka dasar yang merupakan pedoman dalam pelaksanaan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan
2.      Memberi arah yang jelas dalam pelaksanaan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan
3.      Untuk mengetahui dan mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki sekolah

B.     Visi
Visi SMP Negeri 1 Jampangtengah :
“ Dengan berlandaskan iman dan taqwa, SMP Negeri 1 Jampangtengah dapat menjadi sekolah yang terunggul dalam prestasi dan terdepan dalam pembentukan insan yang berbudi pekerti luhur dalam kehidupan sosial di Kabupaten Sukabumi”
Adapun yang menjadi indicator visi tersebut adalah
1.      Unggul dalam prestasi akademik
2.      Unggul dalam prestasi non akademik meliputi:
·         Terunggul dalam prestasi olahraga
·         Terunggul dalam prestasi kesenian
·         Terunggul dalam prestasi bidang ketivitas keagamaan
3.      Terdepan dalam inovasi dan pembaharuan



C.    Misi :
1.      Mendorong dan membantu setiap siswa mengenal potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal
2.      Menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berukalitas dan berdaya saing tinggi
3.      Menciptakan iklim kerja yang kondusif yang didukung oleh sarana  dan prasarana yang memadai dan managemen moderen yang transparan
4.      Mempelopori pembaharuan / reformasi pendidikan dalam semangat kerja sama secara efektif dan efisien
5.      Meningkatkan profesionalisme pelayanan terdahap semua pengguna jasa

D.    Tujuan
1.      Terciptanya suasana religious melalui kegitan instakurikuler dan ekstrakulkuler
2.      Meningkatkan mutu lulusan baik secara kualitatif maupun kuantitatif
3.      Menciptakan hubungan yang harmonis antara warga sekolah
4.      Kemampuan berbahasa asing dan berbahasa Indonesia yang aktif dengan bantuan sarana dan prasarana yang memadai
5.      Mengembagkan pembelajaran teknologi, informatikan dan komunikasi dengan sarana dan prasarana computer yang ada secara bertahap dan berkesinambungan
6.      Membentuk kepedulian siswa dalam menghargai, mengembagkan serta melestarikan nili-nilai seni budaya daerah melalui pembelajaran mulok seni tradisional daerah










BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KTSP

A.    Struktur dan Muatan Kurikulum
1.      Struktur Kurikulum SMP Negeri 1 Jampangtengah
Struktur kurikulum SMP Negeri 1 Jampangtengah memuat mata pelajaran wajib, muatan local, dan pengembagan diri dengan rincian sebagai berikut :
Komponen
Jumlah Jam/ Minggu
A
Mata Pelajaran

1.      Pendidikan Agama Islam
2

2.      Pendidikan Kewarganegaraan
2

3.      Bahasa Indonesia
4

4.      Bahasa Inggris
4

5.      Matematika
4

6.      Ilmu Pengetahuan Alam
4

7.      Ilmu Pengetahuan Sosial
4

8.      Seni Budaya
2

9.      Pendidikan Jasmani dan Olah raga
2

10.  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
2
B
Muatan Lokal


11.  Bahasa Daerah
2

12.  BTQ
1

13.  Seni Daerah Karawitan
2
Jumlah Jam Per Minggu
35






2.      Mutan Kurikulum
Muatan kuriulum SMP Negeri 1 Jampangtengah melputi sejumlah mata pelajaran, materi muatan local dan kegiatan pengembagan diri yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peerta didik dan termasuk kedalam kurikulum.
Mata Pelajaran Wajib :
1)       Pendidikan Agama Islam
2)      Pendidikan Kewarganegaraan
3)      Bahasa Indonesia
4)      Bahasa Inggris
5)      Matematika
6)      Ilmu Pengetahuan Alam
7)      Ilmu Pengetahuan Sosial
8)      Seni Budaya
9)      Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan
10)  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Muatan Lokal
11)   Bahasa Daerah
12)   BTQ
13)   Seni Daerah Karawitan

3.      Pengembangan Diri
Pembinaan karakter melualui pembinaan dalam kegiatan :
a.       Rutin
1)      Upacara Bendera
2)      Sholat Berjamaah
3)      Pengajian
4)      Berdoa sebelum dan sesudah belajar
5)      Pemeriksaan kesehatan
6)      Membersihkan kelas serta halaman sebelum dan sesudah belajar
7)      Membaca buku di perpustakaan

b.      Spontan
1)      Memberi salam
2)      Membuang sampah pada tempatnya
3)      Membiasakan anti
4)      Membantu teman yang terkena musibah
c.       Terprogram
1)      Kegiatan keagamaan dan pesantren kilat
2)      Pekan kertifitas seni dan olahrga antar kelas
3)      Peringatan hari besar nasional
4)      Study tour, karya wisata, dll
d.      Teladan
1)      Berpakaian bersih dan rapih
2)      Penampilan hidup sederhana
3)      Tepat waktu dalam segala hal
4)      Tidak merokok di lingkungan sekolah

3.2. Pengembagan Potensi dan Ekspersi Diri
a.       Sesui dengan Minat dan Bakat
1)      Kepemimpinan dan Bela Negara
a.       Organisasi Siswa Intra Sekolah
b.      Pramuka
c.       PMR
d.      Pasus
e.       PKS
2)      Seni
a.       Olah Vokal
b.      Band
c.       Tari
d.      Degungan


3)      Olah Raga
a.       Bola Volley
b.      Tenis Meja
c.       Atletik
4)      Kegiatan Kelompok Mata Pelajaran
KIR
4.      Pengaturan Beban Mengajar
SMP Negeri 1 Jampangtengah menggunakan sistem paket yang dalokasikan dalam struktur kurikulum sebagai berikut :
a.       Satu jam pelajaran tatap muka                 :           40 menit
b.      Jumlah jam pelajaran per minggu            :           35 jam pelajaran
c.       Minggu efektif per tahun ajaran              :           32 – 35 minggu
d.      Beban belajar : penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak tersturktur maksimal 50% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari tiap mata pelajaran yang bersangkutan
e.       Alokasi waktu untuk praktek, dua jam kegiatan praktek di sekolah setara dengan satu jamp tatap muka, empat jam praktek di luar sekolah setara dengan 1 jam tatap muka
f.       Alokasi wkatu untuk pengembagan ekspersi dan potensi diri disesuaikan dengan jenis pengembagan yang dipilih
g.      Pengembagan diri dalam rangka pembentukan karakter disesuaikan dengan kondisi situasi dan konteks sekolah










5.      Ketuntuasa Belajar
Ketuntasan belajar setiap mata pelajaran disesuaikan dengan komplesitas, sarana dan prasarana serta intake siswa. Ketuntasan belajar untuk tahun pelajaran 2010/2011 adalah sebagai berikut :
KOMPONEN
SKBM/KKM KLS:
A.
Mata Pelajaran
VII
VIII
IX

1.   Pendidikan Agama Islam
65
70
75

2.   Pendidikan Kewarganegaraan
65
69
73

3.   Bahasa Indonesia
65
70
75

4.   Bahasa Inggris
50
55
60

5.   Matematika
50
55
60

6.   Ilmu Pengetahuan Alam
55
60
63

7.   Ilmu Pengetahuan Sosial
65
68
70

8.   Seni Budaya
65
68
70

9.   Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
65
70
75

10. Teknologi, Informatika, dan Komunikasi (TIK)
65
68
70
B.
Muatan Lokal :




1.   Wajib             :  Bahasa Daerah
70
73
75

                           :  BTQ
65
65
65

2.   Pilihan           :  Seni Daerah Karawitan
70
73
75


6.      Kenaikan Kelas dan Kelululsan
a.       Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada seitap akhir tahun pelajaran dnegan ketentuan sebagai berikut :
1)      Siswa sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dnegan kriteria ketuntasan belajar minimal pada seluruh indicator, hasil belajar, komptensi dasar, dan standar komptetnsi pada semua mata pelajaran
2)      Kehadiran siswa minimal 80%
3)      Prilaku/sikap dengan kriteria baik

b.      Kelulusan
Kelulusan dilaksanakan setelah siswa menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari kelas VII, VIII dan kelas IX, dengan ketentuan sebagai berikut :
1)      Siswa sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dnegan kriteria ketuntasan belajar minimal pada seluruh indicator, hasil belajar, komptensi dasar, dan standar komptetnsi pada semua mata pelajaran
2)      Kehadiran siswa minimal 80%
3)      Lulus Ujian Sekolah
4)      Lulus Ujian Nasional  

7.      Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan kecakapan hidup (life skills) yang dilaksanakan untuk menunjang masa depan dan keterampilan hidup siswa diantarannya adalah :
a.       Keterampilan berbahasa Asing (Inggris)
b.      Keterampilan Komputer
c.       Seni Karawitan Degung




8.      Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
a.       Pendidikan Keunggulan berbasis lokal yang dikembangan di SMP Negeri 1 Jampangtengah Kabupaten Sukabumi meliputi :
1)      Seni Degung Karawitan
2)      Olah Raga Bola Volly
b.      Pendidikan Keunggulan berbasis global yang dikembangan di SMP Negeri 1 Jampangtengah Kabupaten Sukabumi meliputi :
1)      Keterampilan Bahasa Asing (Inggris)
2)      Keterampilan Komputer






















BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN
















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar