Senin, 15 November 2010

Pendidikan Berkarakter


TUJUAN PENDIDIKAN BERKARAKTER
Meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah pembentukan karakter pendidikan secara utuh, terpadu dan seimbang dan sesuai Standar Kelulusan.


SASARAN PENDIDIKAN BERKARAKTER
Semua warga sekolah terutama peserta didik senagai prioritas utama


INDIKATOR KEBERHASILAN
Indikator keberhasilan pendidikan berkarakter seiring dengan pencapaian kriteria standar kelulusan, yaitu:

NO
INDIKATOR KEBERHASILAN
1
Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
2
Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3
Menunjukkan sikap percaya diri
4
Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku di lingkungan yang lebih luas
5
Menghargai keberagaman suku, ras, budaya, golongan dan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
6
Mencari, menerapkan informasi di lingkungan sekitar atau sumber-sumber lain secara logis, kritis, kreatif dan inovatif
7
Menunjukan kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif



























DISTRIBUSI NILAI PENDIDIKAN BERKARAKTER KEBANGSAAN
PADA SETIAP KELOMPOK MATA PELAJARAN
NO
MATA PELAJARAN
RUMUSAN STANDAR KELULUSAN (SKL)
NILAI/
KARAKTER
1
Pendidikan Agama
Religius, jujur, santun, disiplin, bertanggungjawab, cinta ilmu ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras dan kepedulian.

1.    Iman,
2.    Taqwa
3.    Adil




4.  Disiplin
5.  Bernalar
6.  Nasionalistik



7.   Gigih
8.   Tanggungjawab
9.   Terbuka



10. Gotong-royong
11. Peduli
12. Santun





13. Kreatif
14. Bersih
15. Sehat





16. Bervisi
17. Inovatif
18. Jujur
2
PKn
Nasionalis, patuh pada aturan sosial, demokratis, jujur, sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, jujur, menghargai keragaman, tenggang rasa dan toleran.
3
Bahasa Indonesia
Berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, percaya diri, santun, bertanggung jawab, ingin tahu, nasionalis.
4
IPS
Nasionalis, menghargai keneragaman, berfikir logis, kritis, kreatif, inovatif, peduli sosial dan lingkungan, jujur, kerja keras, berjiwa wirausaha.
5
Matematika
Berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, percaya diri, santun mandiri, cinta ilmu, bertanggung jawab, ingin tahu.
6
IPA
Ingin tahu, berfikir logis, kritis, kreatif, inovatif, jujur, peduli, bergaya hidup sehat, percaya diri, menghargai keragaman, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, cinta ilmu.
7
Bahasa Inggris
Menghargai keragaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada aturan sosial.
8
Seni Budaya
Mengharagai keberagaman, nasionalis, menghargai karya orang lain, ingin tahu, jujur, disiplin, demokratis.
9
Penjaskes
Bergaya hidup sehat, bekerja keras, disiplin, jujur, percaya diri, mandiri, menghargai karya dan prestasi orang lain.
10
TIK/Keterampilan
Berfikir logis, kreatif, inovatif, mandiri, bertanggung jawab, dan menghargai karya orang lain.
11
Muatan Lokal
Menghargai karya orang lain, menghargai kebergaman, nasionalis, peduli, kreatif, inovatif, bekerjasama.

Catatan:
1.      Nilai karakter pada silabus terletak di kolom kompoen ke-8 (kolom baru)
2.      Nilai karakter pada RPP dimasukkuan pada kegiatan pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar